Posted by : Unknown Selasa, 26 November 2013

SEJARAH SINGKAT TAPAK SUCI UMS
Perguruan seni beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah berasal dari tiga Perguruan Pencak Silat yaitu: Cikauman, Seronoman, dan Kosegu, yang disatukan oleh Muh. Barie Irsyad, murit ke-6 hasil tempaan Pendekar M. Zahid, M. Samsudin, dan A. Dimyati. Tapak Suci Putera Muhammadiyah lahir pada tanggal 31 Juli 1963 M/10 Rabiul awal 1383 H di Kauman Yogyakarta, namun jejak perguruan sudah di mulai sejak abad ke-19 yaitu dengan lahirnya K.H Busyro Suhada (Kyai dan Pendekar silat aliran Banjaran yang gigih berjuang melawan colonial Belanda).
Di UMS Tapak Suci sudah mulai berorganisasi sebagai UKM sekitar tahun 1977. Setelah melalui perjalanan panjang penuh tantangan dan hambatan akhirnya kedudukan Tapak Suci UMS sebagai unit semakain kuat dengan turunya SK dari pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah tertanggal 11 Juni 1994 M (1 Muharram 1415). SK NO.046/SKKPTS/1994 berisi status Tapak Suci UMS sebagai Unit (Cabang Istimewa) yaitu cabang yang berhak mengatur rumah tangganya dan aktifasinya seperti Pimda/langsung berurusan dengan Pimpinan Pusat Tapak Suci (PPTS). 

TUJUAN KEGIATAN
  1. Tujuan Umum
Sesuai dengan AD/ART Tapak Suci Putera Muhammadiyah di Bab III, yaitu Menididik serta membina ketangkasan dan ketrampilan pencak silat sebagai seni beladiri Indonesia memelihara kemurnian pencak silat sebagai seni beladiri Indonesia yang sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran Islam sebagai budaya bangsa yang luhur dan bermoral. Mendidik dan membina anggota untuk menjadi kader Muhammadiyah melalaui seni beladiri serta menggembirakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar dalam usaha ketahanan nasional.
  1. Tujuan Khusus
Sebagai wahana pembinaan mahasiswa UMS di bidang ketahanan dan ketrampilan pencak silat Tapak Suci, membentuk sikap, mental, dan amal perbuatan yang sesuai dengan amal ajaran Islam untuk menjadi kader bangsa, umat, dan persyarikatan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Tapak Suci UMS - Shiroi - Template by Djogzs - Powered by Blogger - Redesign by Tapak Suci UMS -